Cara Aktivasi akun Pembelajaran

Posted by Blog Operator SMPN 3 Saketi on Sabtu, 12 Desember 2020

Cara Aktivasi akun Pembelajaran Kemdikbud - Akun pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk mendukung pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19 ini tujuan lainnya yaitu untuk mendukung proses pembelajaran pada satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Akun Pembelajaran dapat digunakan oleh peserta didik Sekolah Dasar dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6, SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9, SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12, SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13, dan SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12. Selain itu dapat digunakan juga oleh pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, tenaga kependidikan yaitu kepala satuan pendidikan dan operator sekolah.

Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk Akun Google dengan domain @belajar.id. Akun Pembelajaran otomatis mendapatkan akses ke layanan pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education yang siap pakai dan telah banyak digunakan publik. kelebihan lainnya dari akun pembelajaran ini adalah pembuatan dan penggunaannya bebas biaya alias gratis.

Langkah-langkah cara Aktivasi Akun pembelajaran

Langkah pertama dalam cara aktivasi akun pembelajaran adalah dengan operator sekolah terlebih dahulu mengunjungi laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ kemudian login dengan menggunakan akun sekolah yang biasanya dimiliki operator sekolah. 


Setelah berhasil login langkah selanjutnya untuk aktivasi akun pembelajaran adalah dengan mendownload username dan pasword akun pembelajaran Admin, PTK dan Peserta didik sekolah kita, file yang kita download berbentuk excel csv. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah.


Langkah berikutnya adalah dengan membuka file excel hasil download tadi, maka akan tampil data seperti berikut ini :

360114******0001,"Hipni Rohman",hipnirohman@guru.smp.belajar.id,$N98c20c

Data terdiri dari NIK, Nama PTK, username, pasword yang dipisahkan oleh tanda baca KOMA.

Setelah kita tahu username dan pasword langkah berikutnya adalah buka tab baru di browser atau bisa juga dengan klik link mail.google.com silahkan login dengan user dan pasword hasil download tadi dan biasanya setelah berhasil login kita akan diminta membuat pasword baru.

Nah, itulah langkah-langkah cara aktivasi akun pembelajaran kemdikbud mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Blog, Updated at: Desember 12, 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Form komentar kami moderasi, berkomentarlah dengan bijak. Terima kasih

Cari Artikel