Buku Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017

Posted by Blog Operator SMPN 3 Saketi on Selasa, 15 Mei 2018

Buku Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 - Berikut ini softfile buku Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 yang bisa pembaca download atau unduh pada link berikut. Sebelum itu downlod juga buku kurikulum 2013 edisi revisi lainnya yaitu buku IPA kelas 8, dan Juga Buku IPS kelas 8 pada artikel kami sebelumnya. Sekilas mengenai isi pokok bahasan dari buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 ini yaitu, pada setiap bab dalam buku Bahasa Indonesia ini dikembangkan dengan mengacu kepada konsep teoretis yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran berbasis genre dan CLIL (content language integrated learning). Genre disini dimaknasi sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. 

Silabus buku teks dikembangkan berdasarkan pengembangan silabus berbasis genre dan pedagogi genre. Setiap bab buku teks ini mencakup tiga hal, yaitu penjelasan tentang teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan) dan lokasi sosial, model teks dan telaah model teks, serta latihan dan tugas, termasuk tugas pengembangan kompetensi.
Jika Kurikulum 2006 menekankan pendekatan komunikatif, Kurikulum 2013 justru menajamkan efek komunikasi dan dampak fungsi sosialnya. Pada Kurikulum 2006 siswa diajarkan menulis surat dengan format standar yang tidak menekankan isi surat. Pada Kurikulum 2013, surat yang ditulis siswa harus berdampak sosial, seperti mampu menunjukkan kepribadian dalam surat lamaran kerja dan atau surat untuk meyakinkan orang lain. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, yaitu Content Language Integrated Learning (CLIL). CLIL menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture). 

Adapun materi pokok pada buku Bahasa Indonesia ini terdapat sembilan bab diantaranya adalah :
Pada BAB 1 : Berita Seputar Indonesia
BAB 2 : Iklan, Sarana Komunikasi 
BAB 3 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi
BAB 4 : Indahnya Berpuisi
BAB 5 : Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi 
BAB 6 : Ulasan tentang Karya Kita 
BAB 7 : Berbahasalah secara Persuasif
BAB 8 : Drama-Drama Kehidupan 
BAB 9 : Kembangkan Kegemaran Membaca

Untuk lebih jelasnya silahkan download Buku Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 dengan cara klik link di bawah ini 


Nah, itulah softfile Buku Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. terima kasih.

Blog, Updated at: Mei 15, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Form komentar kami moderasi, berkomentarlah dengan bijak. Terima kasih

Cari Artikel