Download Program Kerja PAS

Posted by Blog Operator SMPN 3 Saketi on Rabu, 17 Januari 2018

Download Program Kerja PAS - PAS atau kepanjangan dari Penilaian Akhir Semester, merupakan salah satu penilaian rutin yang dilakuan sekolah yang dilaksanakan pada tiap semester yang dilakukan dua kali dalam satu tahun pelajaran, PAS merupakan istilah sebelumnya yaitu UAS atau Ulangan Umum Semester harus dilaksanakan tiap sekolah yang bertujuan untuk mengukur sejauhmana kemampuan siswa dalam menyerap materi yang telah dilakukan sebelumnya selama enam bulan (satu semester), PAS dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi siswa, dan juga guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berikut ini contoh program kerja PAS SMP yang bisa dijadikan gambaran untuk penyusunan Program kerja PAS di sekolah. Berikut sekilas mengenai isi dari program kerja PAS.

Latar Belakang Penyelenggaraan PAS
Pendidikan dasar yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertujuan memberikan bekal kemampuan dalam kehidupan yang merupakan perluasan serta peningkatan yang diperoleh dari Sekolah Dasar (SD), guna mengembangkan kehidupannya sebagai anggota masyarakat dan warga Negara, sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan menengah. Untuk mengetahui apakah peserta didik memiliki pengetahuan dasar dan keterampilan yang sesuai dengan garis-garis besar program pengajaran pada Semester Ganjil ini untuk masing-masing mata pelajaran, maka perlu diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil.

Dengan diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tersebut, diharapkan dapat diketahui berhasil atau tidaknya peserta didik mencapai target yang diharapkan sekaligus dapat melihat keberhasilan tenaga pendidik dalam membina serta mendidik putra-putrinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Hal itulah yang mendasari diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 3 Saketi. 

Maksud dan Tujuan penyelenggaraan PAS
Evaluasi belajar yang dilaksanakan pada akhir suatu program pengajaran bertujuan untuk mengetahui sejauhmana siswa menguasai pelajaran yang telah ditetapkan dalam jangka waktu tertentu (semester). Secara khusus evaluasi ini bertujuan :
  • Mengukur sejauhmana kesanggupan siswa menyelesaikan soal-soal.
  • Mengukur kesanggupan siswa mengenai fakta, konsep serta skill dalam memecahkan permasalahan, baik yang berhubungan dengan mata pelajaran ataupun dengan masalah yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.
  • Mengetahui sejauhmana daya serap siswa baik secara individu ataupun kelompok untuk masing-masing mata pelajaran.
  • Mengetahui hasil mata pelajaran secara keseluruhan dalam jangka satu semester untuk menentukan langkah kegiatan pembelajaran berikutnya.
  • Mengetahui perkembangan kemajuan siswa.
Nah, itulah sekilas isi dari program kerja PAS atau Penilaian Akhir Semester, untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya dengan cara klik link di bawah.
Download Program Kerja PAS

Blog, Updated at: Januari 17, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Form komentar kami moderasi, berkomentarlah dengan bijak. Terima kasih

Cari Artikel